ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG, DAN UNDERWOOD (Studi Kasus: Jalur Traffic Jam pada Rute Kabupaten Cilacap – Kabupaten Bandung)

Penulis

  • Saskia Aanisah
  • Juang Akbardin
  • Dadang Mohamad

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.79

Kata Kunci:

volume, kecepatan, kpadatan, kemacetan

Abstrak

Ruas jalan pada rute perjalanan Kabupaten Cilacap ke Kabupaten Bandung sebagai Jalan Nasional

memegang peranan penting dalam menunjang aktivitas masyarakat, baik dalam segi pergerakan

manusia maupun distribusi pergerakan barang. Hal ini menyebabkan permasalahan berupa arus lalu

lintas yang tidak lancar karena hambatan samping dan kapasitas jalan tidak mampu melayani volume

lalu lintas yang tinggi. Ketidaklancaran tersebut menimbulkan kemacetan (traffic jam) di beberapa

segmen jalan. Untuk merepresentasikan perilaku karakteristik volume, kecepatan, dan kepadatan lalu

lintas pada jalan nasional tersebut dalam hubungan matematis, maka diperlukan suatu estimasi

hubungan volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas dengan pendekatan model Greenshield,

Greenberg, dan Underwood untuk mengetahui model yang paling mendekati kondisi eksisting dan

persentase kesesuaian model. Hasil analisis menunjukkan model Underwood memiliki hubungan yang

paling erat antara kecepatan dan kepadatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai R2 terbesar diperoleh pada

model Underwood. Hal ini berarti kesesuaian model sebesar persentase nilai R2 dalam

menggambarkan hubungan kecepatan dan kepadatan sesuai dengan kondisi eksisting lalu lintas.

Model Underwood dianggap paling sesuai dengan kondisi jalan sebagai jalan luar kota, di mana

pergerakan lalu lintas bersifat eksponensial bukan linear karena pengaruh kondisi sekitar dan

hambatan jalan, sehingga arus lalu lintas tidak bergerak secara tetap (steady state condition) atau

bebas (free flow condition).

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Saskia Aanisah, Juang Akbardin, & Dadang Mohamad. (2024). ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG, DAN UNDERWOOD (Studi Kasus: Jalur Traffic Jam pada Rute Kabupaten Cilacap – Kabupaten Bandung). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4). https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.79