PENGGUNAAN KAPUR PADAM SEBAGAI PENGGANTI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC)

Penulis

  • Hendra Cahyadi
  • Abdurrahman
  • Fitriani Ridzeki
  • Muhammad Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.71

Kata Kunci:

Kapur Padam, AC-WC, Marshall, Filler, flow

Abstrak

Asphalt Concrete-Wearing Course telah digunakan secara luas di Indonesia sebagai lapisan

permukaan, karena sifatnya yang kedap air dan tingkat keawetan yang tinggi. Sifat-sifat penting

Asphalt Concrete adalah agregatnya bergradasi menerus menghasilkan lapisan perkerasan dengan

sifat stabilitas tinggi. Filler sebagai bahan pengisi dalam campuran beraspal untuk lapisan perkerasan

merupakan salah satu komponen yang mempunyai persentase yang terkecil di samping aspal.

Penelitian yang dilakukan adalah penggunaan kapur padam sebagai pengganti filler pada campuran

AC-WC. Pemilihan bahan tersebut karena harganya relatif murah dari bahan filler lain seperti Abu

batu, semen (PC), debu dolomite. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik

Marshall dari campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) mempergunakan filler kapur

padam, dan untuk mengetahui kinerja campuran dan pengaruh filler kapur padam pada campuran

Asphalt Concrete wearing course (AC-WC). Metode penelitian dilakukan dalam beberapa tahapan

dimulai dari pemeriksaan aspal penetrasi 60/70, pengujian abrasi (Los Angeles), pemeriksaan analisa

saringan, pengujian berat jenis agregat, pengujian Sand Equivalent, pengujian berat jenis campuran

beraspal sampai dengan pengujian dengan alat Marshall. Dari hasil penelitian penggunaan filler kapur

padam pada campuran AC-WC terlihat bahwa penggunaan kapur padam sebagai pengganti filler

memenuhi syarat stabilitas, flow, VFB ,VMA dan Hasil Bagi Marshall yang ditetapkan,

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Hendra Cahyadi, Abdurrahman, Fitriani Ridzeki, & Muhammad Kurniawan. (2024). PENGGUNAAN KAPUR PADAM SEBAGAI PENGGANTI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4). https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.71