STUDI LITERATUR: KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP RUANG PUBLIK BARU PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.83Kata Kunci:
COVID-19, Ruang Publik, Minat MasyarakatAbstrak
Pasca Pandemi Covid-19, masyarakat kembali melakukan aktivitasnya seperti sebelum pandemi
COVID-19 yang dimana saat pandemi masyarakat melakukan aktivitasnya di rumah. Pada saat
pandemi, masyarakat dengan terpaksa untuk beralih ke dunia digital guna mendukung aktivitas seperti
bekerja, sekolah, sampai berbelanja. Pandemi COVID-19 membuat masyarakat semakin terbiasa dan
semakin nyaman dengan dunia digital. Namun, terbiasanya dengan dunia digital akan membuat
masyarakat enggan untuk beraktivitas di ruang publik sehingga berpotensi untuk mematikan fungsi
dari ruang publik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana kondisi ruang
publik pada masa pandemi COVID-19, 2) untuk mengetahui tingkat minat masyarakat untuk
berkunjung kembali ke ruang publik pasca COVID-19, dan 3) untuk mengetahui kebutuhan
masyarakat terhadap ruang publik baru pasca pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Ruang publik pada saat pandemi COVID-19 lebih
memperhatikan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan dari ruang publik. Kebersihan tentu akan
membuat ruang publik bebas dari sarang penyakit. Kenyamanan menganai fasilitas dan tata letak
barang di ruang publik. Sedangkan keamanan mengenai protokol kesehatan yang ada di ruang publik.
Adapun tingkat kunjungan ke ruang publik sejak tahun 2022 kian meningkat. Pusat perbelanjaan,
alun-alun, dan ruang terbuka telah menunjukan tingkat kunjungan yang mulai meningkat. Minat
masyarakat untuk melakukan aktivitas di ruang publik sangat tinggi sejak tahun 2022 yang dimana
pembatasan mulai dilonggarkan. Kebutuhan masyarakat akan ruang publik baru lebih mengarah ke
penambahan fasilitas-fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan ditambah tata
letak barang yang tepat di ruang publik.