PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS : JL. MAYJEN SUTOYO GUNUNG MALANG)

Penulis

  • Hendri Kurniawan Nugroho
  • Maslina
  • Suheriah Mulia Devi

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.68

Kata Kunci:

Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan

Abstrak

Kapasitas parkir yang tidak memadai di jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang maka sebagian

masyarakat menggunakan badan jalan untuk lahan parkir sehingga menyebabkan penurunan fungsi

jalan. tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh parkir di badan jalan terhadap kinerja

ruas jalan dan mengetahui tingkat pelayanan di ruas jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang. Metode

penelitian dengan cara mengambil data yang dibutuhkan seperti volume lalu lintas, hambatan samping

dan waktu tempuh kendaraan. Pada ruas jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang dengan hambatan

samping paling tinggi di hari Sabtu dengan nilai 513 bobot kejadian. Nilai tersebut masuk dalam kelas

hambatan samping tinggi (H). Kecepatan rata – rata 24,6 km/jam sampai 32,2 km/jam. Nilai derajat

kejenuhan adanya On Street Parking adalah 0,8 dan Nilai tersebut masuk kategori tingkat pelayanan

D.

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Hendri Kurniawan Nugroho, Maslina, & Suheriah Mulia Devi. (2024). PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS : JL. MAYJEN SUTOYO GUNUNG MALANG). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4). https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.68