ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN SEPEDA MOTOR SERTA PEMODELAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN DI KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.287Kata Kunci:
Pemodelan Kecelakaan, Generalized Linear ModellingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor utama yang menyebabkan kecelakaan sepeda motor serta membuat pemodelan kecelakaan. Data penelitian diperoleh dari laporan Polisi Satuan Lalulintas Polres Kupang dari tahun 2020 sampai 2023 khusus untuk 10 ruas jalan tinjauan. Hasil dari penelitian menunjukan karakteristik kecelakaan di kota Kupang berdasarkan jumlah kecelakaan sepeda motor untuk 10 ruas jalan tinjauan terus mengalami kenaikan dengan korban kecelakaan tertinggi berdasarkan tingkat keparahan, untuk korban meninggal dunia,kasus tertinggi terjadi pada tahun 2020 sebanyak 25 kasus,untuk korban luka berat,kasus tertinggi terjadi pada tahun 2020 sebanyak 29 kasus dan untuk korban luka ringan kasus tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebanyak 199 kasus. Jumlah korban kecelakaan berdasarkan jenis kelamin laki-laki tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebanyak 48 kasus dan untuk jenis kelamin perempuan tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebanyak 87 kasus. Untuk tipe tabrakan, tabrak depan kasus tertinggi terjadi pada tahun 2021 sebanyak 87 kasus,untuk tabrak belakang kasus tertinggi terjadi pada tahun 2021 sebanyak 16 kasus dan untuk kehilangan kendali kasus tertinggi terjadi pada tahun
2020 sebanyak 21 kasus. Waktu yang paling sering terjadi kecelakaa adalah pukul 18.00-23.59 wita, kecelakaan terbanyak pada rentang waktu tersebut pada tahun 2023 sebanyak 69 kasus serta terendah terjadi pada tahun 2021 sebanyak 48 kasus. Hasil olah data dari Satlantas faktor utama penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia sebanyak
116 kasus pada tahun 2020.Untuk pemodelan TD=17,900EXP (68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu), TB=3,400EXP
(68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu)dan KK=5,800EXP (68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu).