ANALISIS PERILAKU TANAH LEMPUNG YANG DISTABILISASI IONIC SOIL STABILIZER BTI-20 UNTUK SUBGRADE JALAN

Penulis

  • I Nyoman Aribudiman
  • Made Dodoek Wirya Ardana
  • I Made Partayana

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v1i6.123

Kata Kunci:

Stabilisasi Tanah, Zat Aditif Ionic Soil Stabilizer BTI-20, Tanah Lempung

Abstrak

Tanah lempung adalah salah satu jenis tanah yang memiliki sifat lunak dan terdiri dari butiran halus

yang cenderung mengalami perubahan volume, dimana saat terkena air akan mengembang sesuai

dengan jumlah air yang diserap, namun saat mengering akan menyusut kembali. Terutama tanah dengan

kandungan lempung yang tinggi memiliki daya dukung yang rendah, sehingga perlu diperkuat melalui

proses stabilisasi tanah. Metode yang dilakukan adalah stabilisasi tanah lempung menggunakan zat

aditif ISS (Ionic Soil Stabilizer) BTI-20. Ekperimen yang dilakukan dengan menyiapkan sampel tanah

dan zat aditif BTI-20, yang akan dicampur sebanyak 10% dari berat tanah kering. Selanjutnya akan

membandingkan nilai UCT dan CBR tanah lempung yang belum dicampurkan zat aditif BTI-20 yang

nantinya sebagai control dengan nilai UCT dan CBR tanah lempung yang sudah dicampur zat aditif

BTI-20 sebagai kelompok eksperimen. Pengujian UCT dengan penambahan zat aditif memiliki

pengaruh peningkatan terhadap nilai qu dan Cu dikarnakan sifat dari zat aditif mengikat atau mencegah

kadar air keluar atau masuk ke dalam pori tanah. Pengujian CBR dengan penambahan zat aditif 001

tidak memiliki terlalu banyak pengaruh peningkatan terhadap nilai CBR dari tanah dengan kondisi tak

terganggu. Dari pengujian yang dilakukan didapat nilai CBR paling tinggi soaked dan unsoaked sebesar

16,67% untuk waktu curing 3 hari dan mengalami penurunan pada waktu curing 7 hari dengan nilai

CBR soaked 13,56% dan CBR unsoaked sebesar 14,44%

Diterbitkan

2024-02-17

Cara Mengutip

I Nyoman Aribudiman, Made Dodoek Wirya Ardana, & I Made Partayana. (2024). ANALISIS PERILAKU TANAH LEMPUNG YANG DISTABILISASI IONIC SOIL STABILIZER BTI-20 UNTUK SUBGRADE JALAN. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(6). https://doi.org/10.62603/konteks.v1i6.123