ANALISIS NILAI RASIO KERUSAKAN DAN REVIEW DESAIN PERKERASAN JALAN SHORTCUT SINGARAJA – MENGWITANI DENGAN PROGRAM KENPAVE (STUDI KASUS : SHORTCUT RUAS 8)

Authors

  • I Made Agus Ariawan
  • Putu Kwintaryana
  • Ni Kadek Dinda Paramita
  • Putu Cinthya Pratiwi Kardita

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.69

Keywords:

Rasio Kerusakan, Desain Geometrik, Shortcut Singaraja – Mengwitani, Kenpave

Abstract

Jalan Shortcut jalur Mengwitani-Singaraja merupakan akses menuju Kabupaten Buleleng di mana

perencanaan dan pembangunannya terbagi atas 10 titik ruas. Untuk jalan shortcut ruas 8 terdapat 4

alternatif desain struktur perkerasan jalan yang dianalisis dengan metode Bina Marga 2017 dengan

umur rencana 20 tahun. Tujuan penelitian ini menganalisis nilai rasio kerusakan pada ke 4 alternatif

desain jalan shortcut ruas 8 dan merencanakan alternatif desain struktur perkerasan dengan program

Kenpave. Data perencanaan meliputi daya dukung tanah dasar, geometrik jalan, lalu lintas dan daya

dukung material perkerasan yang diperoleh dari hasil penyelidikan tanah, meliputi uji sondir, DCP

dan SPT serta survei lalu lintas yang merupakan data hasil perencanaan awal. Data lainnya meliputi

modulus elastisitas, poisson ratio, tebal perkerasan dan lalu lintas digunakan untuk menganalisis

alternatif struktur dengan program Kenpave. Analisis nilai rasio kerusakan pada 4 alternatif desain

struktur perkerasan jalan shortcut ruas 8 dinyatakan tidak memenuhi syarat sesuai dengan

pembebanan lalu lintas sampai umur rencana 20 tahun. Struktur alternatif desain perkerasan dengan

program Kenpave direncanakan menggunakan AC-Base dan CTB, dan dihasilkan struktur perkerasan

AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, AC-Base 20 cm, Agregat kelas A 30 cm prediksi dengan umur layanan

21,4 tahun, dan alternatif AC-WC 4 cm, AC-BC 20.5 cm, CTB 15 cm, Agregat kelas A 15 cm dengan

prediksi umur layanan 20,8 tahun.

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

I Made Agus Ariawan, Putu Kwintaryana, Ni Kadek Dinda Paramita, & Putu Cinthya Pratiwi Kardita. (2024). ANALISIS NILAI RASIO KERUSAKAN DAN REVIEW DESAIN PERKERASAN JALAN SHORTCUT SINGARAJA – MENGWITANI DENGAN PROGRAM KENPAVE (STUDI KASUS : SHORTCUT RUAS 8). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4). https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.69