ANALISIS KAPASITAS STOKASTIK JALAN ARTERI DENGAN VARIASI PROPORSI VOLUME SEPEDA MOTOR

Authors

  • Dewa Made Priyantha Wedagama

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.286

Keywords:

Jalan Arteri, Kapasitas Stokastik, Lalu Lintas Campuran, Sepeda Motor

Abstract

Volume sepeda motor dan perilaku pengendara sepeda motor berpengaruh pada berkurangnya keselamatan jalan raya secara keseluruhan dan berkurangnya kapasitas jalan. Nilai (tunggal) kapasitas jalan tidak selalu mencerminkan nilai riil. Oleh karena itu, kapasitas jalan sebaiknya dinyatakan sebagai variabel acak stokastik.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis komposisi  heterogenitas  kendaraan  khususnya karakteristik fisik dan operasional lalu lintas sepeda motor yang berdampak pada pengurangan kapasitas jalan. Kapasitas jalan pada studi ini dianalisis dengan distribusi probabilitas. Penelitian ini memperlihatkan bahwa pada probabilitas kumulatif 85% dan 50%, peningkatan kapasitas jalan akibat pengurangan rasio sepeda motor mempunyai variasi nilai interval yang signifikan. Di ruas jalan arteri, pengurangan rasio sepeda motor sebesar 10%, 30%, 50% akan meningkatkan kapasitas jalan masing-masing sebesar 1%-2%, 3%-7% dan 7%-13% pada keandalan kumulatif 85% dan 1%-2%, 3%-8% dan 4%-12% pada keandalan kumulatif 50%. Rasio sepeda motor yang tinggi dapat mengurangi kapasitas jalan. Jika pengurangan rasio sepeda motor sebesar 50% akan meningkatkan kapasitas jalan arteri sebesar antara 7% dan 13% pada keandalan kumulatif 85% dan antara 4%-7% pada keandalan 50%. Studi ini hanya memperhitungkan dua (2) variabel yaitu dimensi dan kecepatan sepeda motor. Pengaruh kapasitas jalan akibat perilaku pengendara sepeda motor tidak diperhitungkan dalam studi ini. Studi lanjutan disarankan dengan memperhitungkan kondisi arus lalu lintas pada bukan jam sibuk

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Dewa Made Priyantha Wedagama. (2025). ANALISIS KAPASITAS STOKASTIK JALAN ARTERI DENGAN VARIASI PROPORSI VOLUME SEPEDA MOTOR. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 2(6). https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.286