STRATEGI MANAJEMEND AN REKAYASA LALU LINTAS PERKOTAAN BERDASARKAN PENGARUH LEBAR EFEKTIF JALAN TERHADAP KECEPATAN

Authors

  • Yohanes E. P. Paus
  • Don Gaspar N. da Costa
  • Mauritius I. R. Naikofi
  • Oktovianus E. Semiun
  • Gregorius P. Usboko

DOI:

https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.265

Keywords:

Derajat Kejenuhan, Lebar efektif jalan, Kecepatan perjalanan

Abstract

Kecepatan perjalanan merupakan salah satu indicator penting yang digunakan dalam penilaian tingkat aksesibilitas dan mobilitas. Dengan demikian pengaruh factor eksternal terhadap nilai kecepatan dan dampaknya terhadap kinerja bagian jalan perlu diinvestigasi secara berkelanjutan karena perubahan factor eksternal tersebut cenderung sulit diprediksi. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis dampak perubahan kecepatan terhadap kinerja ruas jalan perkotaan yang dalam hal ini didasarkan pada korelasi antara nilai kecepatan perjalanan dan derajat kejenuhan. Penilaian kinerja ruas jalan dilakukan dengan menggunakan metode PKJI tahun 2023 sedangkan pengaruh kecepatan terhadap derajat kejenuhan dianalisis dengan metode regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian ini didapati bahwa model persamaan hubungan derajat kejenuhan akibat pengaruh kecepatan adalah Y = -0,0047X2 + 0,1946X – 1,0249, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,8812 dan koefisies korelasi sebesar 0,9387. Hal ini sangat mengindikasikan bahwa perubahan kecepatan sangat berdampak pada kinerja bagian jalan. Implikasinya, pihak otoritas perlu mengendalikan aktivitas samping jalan dan/atau lebar efektif lajur jalan untuk menjamin terciptanya kecepatan perjalanan ideal, sehingga arus lalu lintas rencana untuk tiap kondisi geometri jalan dapat terealisir.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Yohanes E. P. Paus, Don Gaspar N. da Costa, Mauritius I. R. Naikofi, Oktovianus E. Semiun, & Gregorius P. Usboko. (2025). STRATEGI MANAJEMEND AN REKAYASA LALU LINTAS PERKOTAAN BERDASARKAN PENGARUH LEBAR EFEKTIF JALAN TERHADAP KECEPATAN. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 2(6). https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.265