Analisis Biaya Operasional Kendaraan dari Gudang Pusat Alfamart ke Cabang Minimarket Alfamart
DOI:
https://doi.org/10.62603/konteks.v2i2.228Keywords:
biaya operasi kendaraan, biaya tetap, biaya tidak tetap, harga layanan transportasi, Long Run Marginal Cost (LRMC), penetapan harga, kesejahteraan masyarakatAbstract
Biaya operasi kendaraan adalah total biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jalan saat menggunakan moda transportasi tertentu dari zona asal ke zona tujuan. Biaya ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost). Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah meskipun terjadi perubahan pada volume produksi jasa hingga tingkat tertentu, sedangkan biaya tidak tetap adalah biaya yang berubah seiring dengan perubahan volume produksi jasa. Menurut Buton (1993), dalam penetapan nilai operasi kendaraan, penentuan harga layanan transportasi harus memaksimalkan kepentingan penyedia jasa transportasi sambil tetap mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat. Kondisi ini akan stabil dalam jangka panjang, yang disebut dengan Long Run Marginal Cost (LRMC), di mana komponen biaya tersebut mempengaruhi penetapan harga dengan memperhatikan biaya modal atau biaya tetap lainnya yang berdampak pada kelangsungan kendaraan di masa depan.