UJI EKSPERIMENTAL PENENTUAN KADAR ASPAL EMULSI OPTIMUM DENGAN MENGGUNAKAN BUKU 5 BINA MARGA (CAMPURAN BERASPAL DINGIN DENGAN ASBUTON BUTIR PEREMAJA EMULSI)
DOI:
https://doi.org/10.62603/konteks.v1i4.65Keywords:
Infrastruktur Jalan, Aspal Emulsi, Bina MargaAbstract
Perkembangan pembangunan jalan di Indonesia akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Hal ini
mengakibatkan kebutuhan akan aspal yang merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam
campuran perkerasan juga ikut meningkat. Aspal emulsi di Indonesia telah diterapkan, namun hanya
pada lapisan perekat dan lapisan resap saja. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina
Marga telah mengeluarkan beberapa pedoman sebagai panduan pelaksanaan pekerjaan campuran
aspal dingin. Penggunaan teknologi campuran aspal emulsi yang memiliki suhu rendah akan
mengurangi emisi, menekan jumlah konsumsi energi dan menghindari oksidasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) campuran aspal emulsi
menggunakan metode Bina Marga dengan mengacu pada Buku 5 Bina Marga (Campuran Beraspal
Dingin Dengan Asbuton Butir Dengan Peremaja Emulsi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
berdasarkan hubungan antara kandungan kadar aspal emulsi dan seluruh parameter Marshall dan
volumetrik didapatkan kadar optimum residu aspal emulsi adalah sebesar 5,5%. Berdasarkan
hubungan antara kandungan kadar aspal emulsi dan nilai stabilitas didapatkan kandungan kadar aspal
optimum berada pada kadar 5,5%. Nilai hasil pengujian ini sesuai dengan spesifikasi penentuan kadar
aspal efektif oleh Departemen Pekerjaan Umum tahun 2006.