EVALUASI DAN SIMULASI PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS SATU ARAH PADA AREA SEGITIGA OEBUFU DENGAN SOFTWARE VISSIM
DOI:
https://doi.org/10.62603/konteks.v2i6.276Keywords:
Simpang tiga, simulasi, evaluasi, kapasitas simpang, vissimAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting simpang dan kinerja simpang setelah dilakukan penerapan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (SSA) pada ruas jalan Soverdi. Pengumpulan data dilakukan melalui survey lapangan danĀ perhitungannya mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI,2023), kemudian dianalisis mennggunakan metode analisis kapasitas operasional simpang serta melakukan simulasi dengan bantuan software vissim. Hasil yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah kapasitas simpang (C), tingkat pelayanan, peluang antrian (Pa), derajat kejenuhan (Dj), Kecepatan (V), dan nilai tundaan (T). Dari hasil penelitian berdasarkan perhitungan manual dengan PKJI 2023 diperoleh nilai tundaan pada simpang tiga Naimata (S1) sebesar 29,5 dtk/smp, dan beraada pada tingkat pelayan C. Nilai tundaan (T) simpang tiga Hotel Romytha (S2) sebesar 11,1 dtk/smp, dan berada pada tingkat pelayanan (LOS) B. Nilai Tundaan (T) simpang tiga Soverdi (S3) sebesar 10,1 dtk/smp, berada pada tingkat pelayanan (LOS) B. Berdasarkan simulasi lalu lintas dengan software vissim diperoleh nilai tundaan (T) simpang tiga Naimata (S1) sebesar 65,9 dtk/smp, tingkat pelayanan (LOS) E dengan aliran yang tidak stabil, nilai tundaan (T) simpang tiga Hotel Romytha sebesar 17,89 dtk/smp, tingkat pelayanan (LOS) B dengan arus yang stabil, dan nilai tundaan (T) simpang tiga Soverdi sebesar 27,44 dtk/smp, tingkat pelayanan C, dengan arus yang tidak stabil tapi dengan nilai tundaan yang masih dapat diterima.